Hardware adalah sebuah pereangkat komputer yang dapat dilihat fisiknya dan juga dapat kita pegang, hardware terdiri dari beberapa bagian :
1. PERANGKAT MASUKAN ( INPUT DEVICE )
Adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan dari luar sistem, input ini dapat berupa signal atau maintenance input. Didalam sistem komputer signal ini berupa data yang dimasukan ke dalam sistem komputer yaitu berupa data-data baik yang berupa : huruf, angka, gambar, maupun suara yang dimasukan ke dalam sistem komputer. Sedangkan maintenance yaitu input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukan data juga dapat memasukan program.
Peralatan yang digunakan sebagi alat input dapat di golongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukan dan langsung di proses oleh alat pemroses, contoh :
- Papan Ketik ( Misalnya : Keyboard )
- Pointing Device ( Misalnya : Mouse, touch screen, ligh pen )
- Scanner ( Misalnya : Magnetic ink character recognition, optical data reader )
- Sensor ( Misalnya : Digitizing camera, Microphone )
Berikut ini adalah contoh - contoh perangkat masukan ( Input Device )
Keyboard adalah perangkat input yang berupa papan ketik yang memiliki tuts atau tombol : Huruf, angka, tombol karakter khusus dan juga tombol fungsi. Keyboard merupakan alat input pertama dalan sistem komputer karna semua instruksi komputer dapat kita inputkan melalui keyboard.
Ada beberapa jenis keyboard : Keyboard 83 tombol, 101, 102, 104 dan 109 tombol.
Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus, dan juga sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah - perintah lainnya yang diperluka, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Cristopher Latham pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan ramington. Keyboard yang digunakn saat ini adalah jenis keyboard qwerty, pada tahun 1973 keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO ( International Standar Organitation ). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts/tombol. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port yaitu : Port serial, ps2, usb dan juga wireless.
Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu - menu yang tampak pada layar monitor. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat di bandingkan dengan keyboard.
Mouse mulai digunakan secara maksimal saat sistem operasi telah berbasis GUI ( Graphical User Interface). Sinyal - sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil didalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagai besar mouse terdiri dari tiga tombol. Umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan kanan. Saat ini mouse sudah dilengkapi dengan tombol penggulir ( scroll ) yang terletak di tengah - tengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) penekanan ini akan berfungsi apabila kursor mouse berada pada suatu objek yang ditunjuk. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (Drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke dalam objek lainnya dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kalil secara teratur disebut dengan klik ganda ( Double click ) sedangkan menekan tombol kanan satu kali disebut dengan klik kanan ( Right click ). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu : Mouse serial, ps/2, usb dan wireless.
Joystick digunakan untuk memasukan perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Selain itu, joystick juga banyak di implementasikan pada mesin lain. seperti pada kursi roda bermotor dan juga truk. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang dapat digerakan kebeberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol - tombol pada bagian atas.
Trackball memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memesukan perintah pada saat kita mainkan game komputer. Pada alat ini terdapat bola yang cukup besar sehingga dapat digerakan pada saat kita memainkan game. Trackball biasanya terdapat pada mouse modern. Trackball menyimulasikan pergerakan vertical mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakan mouse untuk menaikan atau menurunkan layar.
Scanner adalah sebuah alat yang daat berfungsi untuk meng-cpoy atau menyalin gambar, foto atau teks. Menjadi data digital yang kemudian disimpan kedalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddsisk atau floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto copy. perbedaannya dari hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudain dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scanner yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK ( Lembar jawaban komputer ) pada ulangan umum dan ujian nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut optik, yang dapat mengenali jenis pendil 2B.
Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR ( Optical Charachter Recognition ) Untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk mengoreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunakan pensil 2B, tapi dapat juga menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
Terdapat beberapa jenis scanner yang bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain :
- Scanner gambar
- Sacnner barcode
- Scanner sinar-x
- Scanner cek
- Scanner logam
- Scanner digital mark reader ( DMR )
- Scanner 3 dimensi
Diantara jenis scanner - scanner di atas, scanner gambar sering disebut-sebut sebagai scanner.
Seperti halnya pada scanner OMR, scanner gambar juga dapat digunakan sebagai scanner lembar jawaban komputer (LJK ). Agar hal tersebut dapat tercapai dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi digita mark reader.
Bila dikelempokan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis. yaitu :
A. Flatbed
pada scanner gambar flatbed, kertas diletakan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri bagian kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
B. Automatic Document Feeder ( ADF )
Pada scanner gambar automatic document feeder kertas diletakan pada tray, lalu satu persatu kertas akan dimasukan oleh bagian mekanik scanner dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner, sonsor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan scanner automatic document feeder adalah :
- Kecepatanya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam.
- Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat bersamaan
- Dengan imprinter, scanner dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai.
- Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi digital mark rader serta pengarsipan dan manajemen dokumen.
Mikrofon berfungsi untuk memasukan data berbentuk suara kedalam komputer. Alat ini harus kita hubungkan ke kartu suara ( SoundCard ) agar dapat menerima input berupa suara. Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan simpan kedalam komputer.
Selain itu dengan mikrofon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating.
Touch screen atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukan data atau intruksi kedalam komputer melalui sentuhan jari tangan. Kita dapat menjumpai touchsreen di tempat - tempat umum yang menyediakan informasi untuk 11 umum atau di mesin atm. Bahkan laptop maupun hp dengan fasilitas touchscreen pun sudah banyak beredar.
Kamera video atau sering juga disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Kamera video termasuk alat input yang hasil rekamannya dapat dimasukan ke komputer dan di edit dengan aplikasi khusus. Dan hasilnya dapat kita salin ke dalam CD atau DVD.
Sebagian besar kamera foto yang beredar saat ini merupakan kamera digital. Kamera digital lebih mudah digunakan karena tidak menggunakan kertas film. Kemudahan dan keperaktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Pengguana dapat mengambil gambar sebanyak - banyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dapat dihapus dengan mudah. Kualitas gambar dari kamera digital lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar menggunakan scanner. Ketajaman dari kamera digital ini ditentukan oleh pixelnya.
Gambar yang diambil menggunakan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat di salin atau dipindahkan kedalam komputer. Kamera digital yang bereder di pasaran saat ini ada beberapa jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan note book, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dpat digunakan sebgai pengganti mouse, selain touchpad adalah model unit masukan yang sejenis yanitu pointing stik dan trackball.
Webcam atau web camera adalah sebutan bagi kamera real time ( Pemakna keadaan pada saat ini ) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui world wide web ( www ), program instant messanging, atau aplikasi video call. Istilah webcam menunjuk pada teknologi pada umumnya. Sehingga kata web sering diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera. Misalnya streetcam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorma kota atau pedesaan. Trafficam yang digunakan untuk memonitor kedaan jalan raya, weathercam digunakan untuk memonitor cuaca, voice canocam untuk memonitor keadaan gunung berapi. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB ataupun port com.
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau control pad adalah tipe kontroller permainan video yang mengutamakan penggunaan jari,khususnya ibu jari untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi disebalah kanan dan pengontrol arah disebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada 4 arah ( D-Pad ). Namun gamepad modern memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
2. PERANGKAT PENGELUARAN ( OUTPUT DEVICE )
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolah data. Ouput yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu tulisan : ( Huruf, angka, simbol khusus ), image ( Grafik atau gambar ), suara dan bentuk lainnya yang dapat dibaca oleh mesin machine readable form. Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir sering digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa :
A. Hard copy drive yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya permanen dan lebih portable ( Dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa kemana - mana . Alat yang umum digunakan untuk ini adalah : printer, plotter, dan alat microfilm.
B. Soft copy drive yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Misalnya : Video display, flat panel, dan speaker.
C. Dribe device atau driver yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbil dalam bentuk yang hanya dpat dibaca oleh mesin pada media seperti magnectic disk atau maggnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat ouput dan alat input menggunakan media magnetic disk misalnya adalah : Disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
Beriku ini adalah contoh - contoh perangkat pengeluaran ( Output Device )
Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Monitor juga merupakan suatu jenis soft - copy device.
Jenis keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil dilayar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil dari pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya televisi, Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda - beda. Tipe - tipe komputer yang sudah dikenal adalah :
A. CGA ( Color Graphic Adapter ) Tipe monitor standar ibm yang memiliki resolusi rendah. Monitor ini hanya dapat menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
B. EGA ( Enhanced Graphic Adapter ) Merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas cga. Monitor ini mampu 16 warna dalam mode grafis.
C. EPGA ( Enhanced Propessional Graphic Adapter ) Monitor ini sering disebut monitor pega atau pga. Monitor ini mampu menampilkan 256 warna dalam mode grafis.
D. VGA ( Visual Graphic Adapter ) Merupakan tipe monitor yang saat ini sering digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunyai jutaan warna yang dapat dihasilkan, dan mode grafis nya tampak lebih nyata.
E. LCD ( Liquid Crystal Display ) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan warna. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekur polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan.
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar pada media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas tray. Tray ialah tempat menaurh kertas. Tinta atau toner yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem : toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersih atau cleaning pada print-head printer tersebut. Ada pula kabel fleksibel untuk pengirim sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port pararel atau usb untuk penghubung ke komputer.
Printer bedasarkan alat mekanik atau proses kerjanya yang digunakan, terdiri dari :
A. Impact, Printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak {( Dot matrix).
B. Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan, dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan perkembangan teknologinya :
A. Pin Dot Matrix
B. Inkjet
C. Laser
D. Thermal
Pin dot matrix di klasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimililki oleh head printer. Yaitu : 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan yaitu transmisi pararel (Byte by byte) dan transmisi serial (Bit by bit transmission) Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf ( Character by character ) baris per baris ( Line by line ), atau halaman per halaman ( Page by page ). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari 3 jenis :
A. Dot matrix, contohnya epson lx-300, lx-800, lq-1170
B. Inkjet, contohnya hp deskjet dan cannon buble jet
C. Laser jet, contohnya hp laser jet 1000, 1010 dan 1020.
Plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila kita mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung ke internet dan terhubung pada saluran pemancar radio online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik terganatung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan kedalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetapi saja hasil suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs,tapes dan DVDs. Lalu mengembalikannya lagi kedalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar.
3. PERANGKAT PENGOLAH DATA
Adalah perangkat Pengolah data prosessor atau cpu yang didukung oleh perangkat motherboard dan komponen lain yang terpasa pada motherboard.
Berikut ini adalah contoh - contoh perangkat pengolah data :
- PROCESSOR ( CENTRAL PROCESSING UNIT )
Prosessor ( central prosessing unit ) yaitu perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah data. Prosessor adalah chip yang sering disebut mikropprocessor.
Satuan kecepatan processor adalah Gigahertz ( GHz ) yaitu hitungan kecepatan processor dalam mengolah data . Kecepatan ini disebut dengan Clock Speed.
Dan sampai saat ini merek processor yang banyak di temui di pasaran adalah : Intel dan AMD
Motherboard adalah papan induk dimana semua komponen - komponen penting dalam komputer terpasang, seperti : Processor, ram ( random access memory ), chipset, vga chard, dan yang lainnya.
- RAM ( RANDOM ACCESS MEMORY )
Ram ( random access memory ) adalah memori yang digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya sementara. Yang dimaskud sementara adalah jika komputer dimatikan maka data yang tersimpan di memori ram akan hilang dengan sendirinya.
Jenis jenis RAM :
A. EDO RAM ( Extend Data Output Ram )
Ram jenis ini hanya memiliki kecepatan 50 Mhz dan banyak sekali digunakan pada generasi intel pentium I. Edo ram memiliki 72 pin dan 1 celah
B. SD RAM ( Synchronus Dynamic Ram )
Ram jenis ini memiliki kecepatan 66 Mhz, 100 Mhz dan juga 133 Mhz. Sd ram ini banyak digunakan pada generasi intel pentium II dan III. Sdram ini memiliki 162 pin dan 2 celah, kapasitas yang dimiliki sd ram ini adalah 16 mb, 32 mb, 62 mb, 128 mb, 256 mb dan 512 mb.
C. RD RAM ( Rambus Dynamic Ram )
Rd ram memiliki kecepatan 800 Mhz dan 1066 Mhz. Rd ram memiliki 184 pin dan 2 celah. Dan menggunakan penutup almunium. Kapasitas Sd ram ini adalah 128 mb, 256 mb, dan 1GB.
D. DDR1 SDRAM ( Double Date Rate Sdram )
DDR 1 SDRAM, merupakan perkembangan dari sdram dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Ddr banyak digunakan pada generasi intel pentium 4. Ddr memiliki kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 166 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 333 MHz dan 400 MHz. Ddr ini memiliki 182 pin dan 1 celah. Dan kapasitas ddr1 ini adalah 128 mb, 256 mb, 512 mb, dan juga 1 GB.
E. DDR 2 SDRAM ( Double Date Rate Sdram )
DDR 2 SDRAM, merupakan perkembangan dari ddr sebelumnya. Ddr 2 banyak digunakan pada generasi intel pentium 4 LGA. Pentium D, Pentium dual core dan core 2 duo. Ddr2 memiliki kecepatan 40 Mhz, 533 MHz, 667 MHz, 800 MHz, 1000 MHZ dan 1066 MHz. Ddr 2 memiliki 240 pin dan 1 celah. ddr2 memiliki kapasitas 256 mb, 512 mb, 1 gbm 2 fb.
F. DDR 3 SDRAM ( Double Date Rate Sdram )
DDR3 SDRAM, merupakan perkembangan dari ddr 2. Ddr 3 banyak digunakan pada generasi intel core 2 duo, core 2 quad dan core 17. ddr 3 memiliki keceptan 800 MHz dan 1600 MHz. DDR3 memiliki kapasitas 1 GB dan 2 gb , 4 gb, 8 gb dan seterusnya.
Sumber : Input dan output device pada komputer
Oleh : Nunung Wulandari
( Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Yogyakarta 2011 )